Film how do you live

Studio Ghibli Akan Rilis Film Terakhir Hayao Miyazaki Tanpa Promosi

Banjarmasin, SUNFM Radio - Film terbaru Studio Ghibli sekaligus yang terakhir dari Hayao Miyazaki akan dirilis dengan cara baru. Film bertajuk How Do You Live? itu bakal tayang tanpa perilisan teaser atau trailer.

Tak hanya itu, Studio Ghibli juga akan menayangkan film tersebut tanpa melakukan promosi seperti film-film sebelumnya.

Selain promosi, mereka juga tidak membeberkan lebih lanjut mengenai karakter, pengisi suara, apalagi plot untuk How Do You Live?

BACA JUGA: Imbas Mogok Kerja Penulis, Emily in Paris 4 Tunda Produksi

Toshio Suzuki selaku produser sekaligus tangan kanan Hayao Miyazaki mengungkapkan ada alasan di balik keputusan Studio Ghibli tidak mempromosikan film tersebut.

"Selama bertahun-tahun Ghibli menginginkan orang melihat film-film yang dibuat. Kami memikirkan hal itu dan melakukan begitu banyak hal untuk tujuan tersebut, tapi sekarang kami berpikir, 'Eh kayaknya enggak usah melakukan itu,"

"Melakukan hal yang sama berulang-ulang, kamu akan merasa lelah. Jadi kami ingin melakukan sesuatu yang beda," kata Suzuki alam wawancara bersama majalah Bungei Shunji dan diberitakan Hollywood Reporter beberapa waktu lalu.

Ia kemudian membandingkan hal tersebut dengan marketing yang kerap dilakukan di Hollywood, seperti merilis beberapa trailer hingga beberapa hari jelang penayangan.

Meski tak ada keterangan lebih lanjut mengenai film tersebut, Studio Ghibli telah merilis poster dan yang menjadi satu-satunya untuk film tersebut hingga kini.

Suzuki menyatakan poster tersebut membuatnya dapat pujian langsung dari sang maestro. Ia pun berguyon itu jadi pujian pertama untuknya meski telah bekerja sama dengan Hayao Miyazaki lebih dari tiga dekade.

Pujian tersebut yang kemudian membuat Suzuki memutuskan untuk tidak menyiapkan trailer, iklan di televisi atau media massa untuk mempromosikan How Do You Live?. Poster tersebut menjadi satu-satunya bahan marketing film tu.

Sebelum merilis poster, Ghibli sempat menjelaskan How Do You Live? merupakan hasil adaptasi lepas dari novel bertajuk serupa karya Genzaburo Yoshino yang terbit pada 1937.

Kisah coming-of-age tentang laki-laki muda setelah kematian sang ayah. Dia menatap kota dan merasa kewalahan dan mulai mengalami krisis eksistensial.

How Do You Live? tayang 14 Juli di Jepang. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai jadwal penayangan di luar Jepang, termasuk Indonesia.

(sumber: cnnindonesia.com)