Before, Now And Then (Nana) menjadi Pemenang Film Cerita Panjang Terbaik FFI 2022

Before, Now And Then (Nana) menjadi Pemenang Film Cerita Panjang Terbaik FFI 2022

Banjarmasin, SUN FM Radio Banjarmasin - Before, Now & Then (Nana) berhasil meraih penghargaan sebagai Film Cerita Panjang Terbaik dalam ajang piala citra Festival Film Indonesia (FFI) 2022. Ditetapkan sebagai pemenang dalam ajang FFI 2022, Isvan selaku produser mengaku begitu senang lantaran pada proses pembuatan film ini didominasi oleh perempuan. “Tentu senang sekali maksudnya bangga sekali bangga diantara perempuan hebat yang suarakan suara mereka,” kata dia.

Lebih lanjut diungkap oleh Isvan, melalui kemenangan ini dirinya berharap akan semakin banyak perempuan yang ikut terlibat dalam proses pembuatan film.

Sementar itu, Kamila Andini selaku sutradara menjelaskan film ini dibuat dari memori keluarga perempuan Sunda. “Film Nana dibuat dari cerita keluarga memori saya dan teh Happy perempuan Sunda, ibu saya dan yang lainnya. Ini benar-benar disusun cerita kecil tapi Indonesia saya berharap kemenangan ajak pembuat film tentang film kita keluarga kita karakter kita,” kata Kamila Andini.

Film ini diangkat dari sebuah kisah Raden Nana Sunani, yang diadaptasi dari penggalan novel Jais Darga Namaku karya Ahda Imran. Film ini menceritakan tentang seorang perempuan biasa bernama Nana yang hidup di tahun 1960-an. 

Ia melarikan diri dari kota kelahirannya pada saat akan dipersunting. Nana kemudian tinggal di Bandung dan menikah dengan pria dari keluarga menak. Dalam film garapan sutradara Kamila Andini tersebut, Laura Basuki berperan sebagai wanita simpanan dari Nana. Selain berjaya di dalam negeri, film ini juga meraih banyak prestasi lainnya. Salah satunya, Laura berhasil meraih penghargaan dalam Berlinale Film Festival 2022 yang digelar di Jerman, The Silver Bear for Best Supporting Performance, berkat aktingnya dalam film Before, Now & Then.

(Sumber : viva.co.id)