BI akan mengeluarkan rupiah digital

Menuju Era Uang Rupiah Digital

Banjarmasin, SUN FM Radio – Siap untuk uang digital dari BI, Sun People?

Bank Indonesia (BI) akan sedang menggodok realisasi metode (proof of concept) Digital Rupiah. Rencananya, proof of concept ini diterbitkan pada Juli 2023.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Laporan Transparansi dan Akuntabilitas Bank Indonesia (LTABI) 2022.

"Insya Allah nanti sekitar Juli kami akan keluarkan proof of concept untuk Digital Rupiah. Mempersiapkan Indonesia sebagai negara maju dengan digital, digitalisasi pembayaran dan juga digitalisasi rupiah," kata Perry, Senin (31/1).

Rupiah Digital adalah salah satu kebijakan sistem pembayaran untuk mengakselerasi uang dalam format digital yang diterbitkan BI. Rupiah Digital ini diharapkan mempunyai kualitas yang lebih aman dan efisien dibandingkan uang kartal fisik dan rekening giro di BI.

Nantinya, rupiah digital akan diluncurkan dalam dua jenis. Pertama, digital rupiah wholesale atau w-Digital Rupiah, yang cakupan aksesnya terbatas dan hanya didistribusikan untuk melayani transaksi besar atau wholesale.

Kedua, digital rupiah ritel atau r-Digital Rupiah, dengan cakupan akses yang terbuka untuk publik dan didistribusikan untuk transaksi ritel.

Menurut Perry, pihaknya sudah bertemu dengan para pemain besar yang dinilai BI punya kemampuan menjadi wholesaler rupiah digital.

"Kami sudah ketemu dengan pemain-pemain besar yang kami pandang punya kemampuan untuk menjadi wholesaler," imbuhnya.

(sumber: cnnindonesia.com)