michelle yeoh menang best actress piala Oscar 2013

Ukir Sejarah, Michelle Yeoh Orang Asia Pertama Jadi Aktris Terbaik Oscar

Banjarmasin, SUNFM Radio - Sejarah tercipta dalam perhelatan Academy Awards 2023 di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (12/3/2023) malam atau Senin (13/3/2023) pagi waktu Indonesia.

Aktris berkebangsaan Malaysia, Michelle Yeoh, menjadi orang Asia pertama yang memenangkan Piala Oscar sebagai aktris utama.

Dilansir Variety, Yeoh menjadi aktris terbaik dalam perannya di film "Everyting Everywhere All at Once". Ia mengalahkan kandidat lain seperti Cate Blanchett untuk "Tár", Michelle Williams untuk "The Fabelmans", Andrea Riseborough untuk "To Leslie", dan Ana de Armas untuk "Blonde".

Ia lantas mendedikasikan penghargaan itu untuk sang ibu dan semua ibu di dunia.

Terlepas dari persaingan yang ketat, Yeoh merupakan favorit karena memenangi sejumlah penghargaan sebesar Piala Oscar seperti SAG Awards, Independent Spirit Awards, dan Golden Globes.

Piala Best Actress yang diraih Michelle Yeoh memperbesar dominasi Everything Everywhere All at Once dalam Piala Oscar tahun ini.

Film arahan The Daniels itu meraih total 7 piala dari berbagai kategori tahun ini, termasuk Best Picture, Best Director, dan Best Supporting Actor untuk Ke Huy Quan.

Dalam Minggu (12/3) malam waktu Los Angeles, Everything Everywhere All At Once didapuk sebagai pembawa piala kategori paling prestise, Best Picture. Sekaligus, film ini menjadi film dengan kemenangan Oscar terbanyak, yakni tujuh piala.

(sumber: cnnindonesia.com)