Keindahan alam Suku di Indonesia menjadi salah satu inspirasi Avatar: the way of water

Keindahan alam Suku di Indonesia menjadi salah satu inspirasi Avatar: the way of water

Banjarmasin, SUNFM Radio - Sandiaga Uno selaku Menparekraf membagikan fakta keindahan alam dan suku di Indonesia yang menjadi inspirasi dari sutradara film Avatar yang kedua.

Salah satu yang menginspirasi Film Avatar 2: Way of Water besutan sutradara James Cameron adalah Suku Bajo yang tinggal di Indonesia. Inspirasi itu digambarkan dengan kehadiran Suku Metkayina, salah satu suku Na'vi atau Avatar yang mendiami laut di Pandora dalam Avatar 2: Way of Water.

Cameron mengungkapkan, budaya dan arsitektur khas orang Bajo muncul dalam film tersebut. Cameron bersama timnya melakukan riset terhadap Suku Bajo sebelum menelurkan film fenomenal ini.

Dalam wawancaranya bersama National Geographic, Cameron mengungkapkan bahwa telah melakukan sejumlah riset untuk membuat klan penguasa laut, Metkayina.

James Cameron juga mengakui bahwa dirinya terinspirasi tentang Metkayina yang juga berasal dari salah satu suku di Indonesia yakni Suku Bajo.

Diketahui, suku Bajo dikenal sebagai komunitas yang tangguh di laut. Bahkan suku Bajo memiliki kemampuan di atas rata-rata ketika menyelam tanpa menggunakan peralatan. Sehingga, anggota Suku Bajo disebut mampu bertahan hingga 13 menit di dalam laut bahkan dengan kedalaman mencapai 60 meter.