Akhirnya Target Akhir Tahun Tercapai,  Avatar 2 Tembus US$1 Miliar

Akhirnya Target Akhir Tahun Tercapai, Avatar 2 Tembus US$1 Miliar

Banjarmasin, SUNFM Radio - Hanya dalam waktu 14 hari setelah tayang di seluruh dunia, Avatar The Way of Water mencapai angka box office US$1 miliar. Capaian ini membuat Avatar 2 menjadi film tercepat pada tahun ini yang mencapai pendapatan prestise itu.

Berdasarkan data Box Office Mojo yang diakses pada Kamis (29/12), film James Cameron ini mendapatkan US$1,03 miliar atau setara dengan Rp16,2 triliun (US$1=Rp15.788).

Berkat angka tersebut, peringkat Avatar 2 dalam daftar film terlaris secara global pada 2022 juga naik dari posisi lima ke posisi dua.

Pendapatan teranyar Avatar 2 ini mengalahkan perolehan Jurassic World: Dominion yang mengumpulkan US$1,001 miliar atau setara dengan Rp15,8 triliun.

Dilaporkan Variety pada Rabu (28/12), Avatar 2 menjadi yang tercepat pada tahun ini mendapatkan angka US$1 miliar lantaran Top Gun Maverick butuh 31 hari, sementara Jurassic World Dominion butuh 4 bulan.

Meski begitu, Avatar 2 masih kalah cepat memperoleh angka US$1 miliar milik Spider-Man: No Way Home yang mampu menggapai batas itu dalam waktu 12 hari.

Meski sudah mencapai angka penjualan tiket US$1 miliar yang sudah ditargetkan pada akhir tahun, Variety menyebut film berbujet US$350 juta ini masih butuh lebih banyak uang lagi untuk balik modal. Hal itu lantaran bujet produksi tersebut belum termasuk biaya promosi sebesar US$100 juta.

Untuk mencapai angka titik impas, analis menyebut Avatar 2 butuh setidaknya pendapatan hampir US$2 miliar. Namun sebagian yakin setidaknya angka box office US$1,5 miliar sudah bisa mulai mendulang untung.

(Sumber : CNN Indonesia)