Jusuf kalla

Tumbangnya Masa Startup dan Ketidakpercayaan AI Menggantikan Orang

Banjarmasin, SUN FM Radio – Masa tumbangnya Start Up, Sun People.

Kembali normalnya aktivitas dan pekerjaan menjadi salah satu kondisi yang membuat masa jayanya Start Up kini tak lagi kuat. 

Bahkan fenomena berhentinya operasi di setiap pergerakan Start Up sudah kita jumpai sejak beberapa waktu kebelakang, ya Sun People. 

Wakil Presiden (Wapres) RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) buka suara soal fenomena banyak startup gulung tikar. Ia mengatakan fenomena itu muncul karena saat ini banyak pengusaha kembali ke industri nyata dan memberikan nilai tambah.

"Seperti yang kita ketahui sekarang perusahaan-perusahaan teknologi, karyawannya di-PHK, karena pengusaha kembali ke real industri, pertanian yang maju dengan teknologi yang mempunyai nilai tambah. Bukan lagi bisnis yang orang bilang bakar uang," kata JK seperti dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (16/3).

Bahkan ramainya kini hasil dari inovasi dan kemajuan teknologi seperti AI dipandang tidak akan bisa menggantikan posisi manusia, kamu setuju dengan tanggapan ini, Sun People? 

Lebih lanjut JK mengatakan sejatinya kebutuhan manusia akan teknologi informasi adalah untuk menunjang kerja dari industri nyata, tidak untuk menunjang teknologi.

Meskipun demikian, ia sendiri mengakui bahwa teknologi informasi atau komputer tetap diperlukan dalam menunjang pekerjaan. Jusuf Kalla meyakini teknologi Artificial Intelligence (AI) tidak akan bisa menggantikan manusia seperti yang didengungkan oleh banyak pihak.

"AI tidak seperti kata orang bahwa mesin akan menggantikan manusia. Manusia tidak akan tergantikan dan ekonomi akan tumbuh dari nilai tambah dari efisiensi dan inovasi," pungkasnya lebih lanjut, masih dikutip dari sumber yang sama.

(sumber: cnnindonesia.com)