siaran analog di kalsel

Jelang Suntik Mati Siaran Analog di Kalsel, Distributor Jangan Mainkan Harga STB

Banjarmasin, SUN FM Radio – Para distributor jangan manfaatin keadaan, ya!

Kini kamu yang tanggal di wilayah Kalimantan Selatan, ini saatnya giliran kamu untuk bertransformasi ke TV Digital. Menjelang suntik mati ini, Sun People, pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mulai ancang-ancang melakukan antisipasi lonjakan harga Set Top Box (STB) di pasaran menjelang eksekusi suntik mati siaran analog.

Analog Switch Off (ASO) dikabarkan akan mulai dilakukan di tiga wilayah Indonesia pada Senin (20/3/2023) di pukul 24.00, waktu setempat.

Kalimantan Selatan-1 merupakah salah satu daerah yang menjadi giliran suntik mati siaran analog ini, selain itu daerah lain seperti Bali dan Sumatera Selatan-1. 

Meski belum ada aturan tetap terkait harga eceran tertinggi (HET) mengenai STB nih, Plt Asisten III Bidang Umum Administrasi Umum Setda Provinsi Kalsel, Subhan Noor Yaumil mengimbau distributor untuk menjual sesuai standar, Sun People.

Direktur Bina Usaha Perdagangan di Kementerian Perdagangan RI, Septo Soepriyanto mengatakan harga penjualan STB maksimal Rp 200 ribu.

Hal itu diketahui dari hasil rapat beberapa waktu lalu. Septo menyatakan Kemendag terus berkoordinasi dengan para produsen agar harga jual STB masih sesuai standar. Juga nih Sun People, untuk diketahui, Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti mengingatkan agar warga membeli STB yang terverifikasi. 

Sebab menurutnya, STB di pasaran mempunyai standar yang beragam. Kemudian imbauan juga kepada agar warga segera membeli STB sebelum siaran analog dimatikan. Sebab, tak menutup kemungkinan bisa saja harga STB melonjak di pasaran menjelang ASO. 

(sumber: tribunnews.com)