biksu

Jalan Kaki ke Borobudur, Biksu Thailand Kini Masih Menuju Tegal

Banjarmasin, SUN FM Radio – Kamu masih ingat dengan perjalanan ritual Thudong 32 biksu ke Candi Borobudur, Sun People?

Kabarnya mereka sedang diperjalanan menuju Tegal lho, Sun People. Rombongan 32 biksu dari Thailand yang melakukan ritual Thudong dengan berjalan kaki menuju Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, hingga hari ini masih dalam perjalanan.

Setelah pada Senin (22/5) tiba di Losari, Brebes, lalu pada hari Selasa (23/5), para biksu tersebut menuju Tegal. Hal ini dilansir dari sumber, CNN Indonesia, waktu setempat. 

BACA JUGA: Ombudsman Kalsel Ingatkan Sekolah Tidak Lakukan Pungutan

Menurut Ketua DPD 2 Walubi Jateng, Tanto Soegito Harsono, jika sesuai target, 32 biksu tersebut akan tiba di Candi Borobudur atau tepatnya di Magelang di Kelenteng Liong Hok Bio, pada 30 Mei mendatang. Acara penyambutan terhadap para biksu saat nanti tiba di Candi Borobudur juga tengah disiapkan. Nantinya penyambutan dilakukan Pemkab Magelang saat rombongan biksu tiba di Magelang.

Untuk diketahui nih Sun People, para biksu memulai perjalanan ritual Thudong sejak 25 Maret 2023 dengan rute Thailand-Malaysia-Singapura-Indonesia dan ditargetkan tiba di Candi Borobudur sebelum 2 Juni nanti, sebelum akhirnya pada 4 Juni 2023 merayakan Waisak, yang merupakan hari besar keagamaan umat Buddha.

Thudong sendiri merupakan perjalanan religi yang pelaksanaannya mesti dilakukan dengan berjalan kaki. Ritual jalan kaki ini diketahui telah menjadi tradisi sejak ratusan tahun lalu, ya Sun People! Sungguh luar biasa budaya di dunia ini, ‘kan Sun People!

(sumber: cnnindonesia.com)