UMP 2023 Dituntut untuk Revisi oleh Para Buruh

UMP 2023 Dituntut untuk Revisi oleh Para Buruh

Banjarmasin, SUN FM Radio – UMP Kalsel pun sebelumnya sudah di tentukan naik menjadi 3,1 juta. Walaupun begitu hal ini tidak menutup kemungkinan untuk tidak menimbulkan aksi protes bagi sebagian pihak. Salah satunya kelompok buruh nih, sun people! Katanya mereka menuntut untuk UMP 2023 untuk direvisi. Wah, kenapa ?

Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengancam melakukan aksi demo merespons kenaikan upah minimum provinsi (UMP) sejumlah daerah.

Tidak cuma itu, buruh yang tergabung dalam KSPI mendesak pemerintah merevisi besaran kenaikan UMP 2023 yang dinilai tidak sesuai inflasi.

Partai Buruh merilis lima sikap terkait penetapan kenaikan UMP 2023 yang sudah dilakukan di beberapa daerah, mulai dari DKI Jakarta yang naik sebesar 5,6 persen hingga Jawa Timur 7,85 persen.

Said mendesak agar merevisi kenaikan UMP tersebut menjadi 10,55 persen sesuai dengan yang diusulkan Dewan Pengupahan Provinsi DKI Jakarta dari unsur serikat buruh.

Bahkan jika hal ini tidak didengar, dia mengatakan akan terjadi aksi protes di seluruh wilayah Indonesia.

“Bilamana tuntutan di atas tidak didengar, mulai minggu depan akan ada aksi besar di berbagai daerah di seluruh Indonesia untuk menyuarakan kenaikan upah sebesar 10 hingga 13 persen”, dalam penyampaiannya.

(sumber: cnnindonesia.com)