James Cameron bongkar situasi dapur produksi, Durasi Avatar 2 Picu perdebatan

James Cameron bongkar situasi dapur produksi, Durasi Avatar 2 Picu perdebatan

Banjarmasin, SUNFM Radio - James Cameron membeberkan situasi dapur produksi ketika mengetahui Avatar: The Way of Water berdurasi lebih dari tiga jam. Ia mengatakan durasi film menjadi salah satu tantangan terbesar dalam produksi Avatar 2.

Perdebatan hingga ketegangan sempat terjadi di antara tim produksi karena durasi film tersebut.

Menurut saya kemarin ada banyak ketegangan soal durasi. Terutama karena ini narasi linear yang rumit, sehingga menyingkat (durasi) adalah skenario yang buruk," ujar Cameron kepada EW, Minggu (17/12) waktu AS.

Avatar: The Way of Water memiliki durasi penayangan sekitar 3 jam 12 menit, sehingga Avatar diminta untuk lebih padat dan berdurasi lebih pendek.

Cameron mengakui plot sekuel Avatar 2 dibuat untuk menjelaskan beberapa karakter hingga menciptakan lapisan cerita yang kompleks.

Menurutnya, pemangkasan durasi film yang signifikan akan mengganggu dirinya dalam menjaga keseimbangan antara cerita yang menarik hingga keindahan visual yang ditawarkan dalam film tersebut.

Di sisi lain, durasi yang panjang berpotensi menciptakan rasa jenuh dari kacamata seorang penonton.

"Memecahkan puzzle tersebut menjadi hambatan kami selama sekitar satu tahun," ungkap Cameron.

Namun, James Cameron pada akhirnya berhasil bertahan pada prinsipnya dan menayangkan Avatar 2 dengan durasi lebih dari tiga jam.

"Hal tersulit saat kamu mencoba untuk memangkas durasi film adalah berpegang kepada sesuatu yang tidak mempercepat plot," Cameron menjelaskan alasan tak memangkas durasi Avatar 2.

"Beberapa hal sudah dikeluarkan, tapi ketika saya merasa itu terlalu buru-buru, kami akan memasukkannya kembali," lengkapnya.

Sebelumnya, Cameron mengatakan tak ingin mendengar keluhan penonton atas isu serupa. Ia membandingkan menonton di bioskop dalam waktu lama dengan fenomena binge-watching yang dilakukan dalam waktu beberapa jam.

"Saya tidak ingin ada orang yang mengeluh mengenai durasi (film) ketika mereka bisa duduk dan binge-watch (serial televisi) delapan jam," kata James Cameron seperti diberitakan majalah Empire beberapa waktu lalu.

"Saya melihat anak-anak saya bisa duduk dan menyaksikan lima episode dan masing-masing berdurasi satu jam secara langsung," cerita James Cameron.

(Sumber : CNN Indonesia)