Jemaah Haji Indonesia Diminta Tak Berlebihan Berswafoto di Tanah Suci

Banjarmasin, SUN FM Radio – Tetap saling menghargai sesama yang juga beribadah ya, Sun People.

Jemaah haji Indonesia yang berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini diingatkan untuk tidak berlebihan saat melakukan swafoto (selfie) di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah, ataupun Masjid Nabawi di Madinah, Sun People. 

Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat Akhmad Fauzin mengatakan, selfie atau dokumentasi pribadi yang terlalu berlebihan dikhawatirkan mengganggu kekhusyukan ibadah dan jemaah lainnya. 

BACA JUGA: Upaya Dinas Pastikan Kotabaru Tetap Bersih Saat Konser HUT ke-73

Seperti dikutip dari Kompas, disampaikan bahwa, pihaknya mengimbau jemaah agar dalam pengambilan dokumentasi terutama dalam bentuk swafoto atau selfie di depan Ka'bah tidak dilakukan secara berlebihan. Selain mengganggu kekhusyukan ibadah juga mengganggu jemaah lainnya, dikatakan dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Kementerian Agama, seperti pada Selasa (6/6/2023), waktu setempat.

Selain itu, Fauzin mengingatkan para jemaah haji Indonesia tidak melanggar larangan keras yang diberlakukan di kawasan Masjidil Haram. Sebab, jemaah yang melanggar larangan keras itu terancam dihukum oleh aparat keamanan Arab Saudi, Sun People.

Disamping itu juga, nih, Fauzin mengatakan, pemerintah terus mengingatkan jemaah haji Indonesia supaya tetap fokus beribadah di Tanah Suci. Jika menemukan kesulitan dia menyarankan jemaah meminta bantuan kepada petugas dari Arab Saudi atau PPIH yang berada di lokasi.

(sumber: kompas.com)