serial gadis kretek

Penulis Ungkap Novel Gadis Kretek Berasal Dari Cerita Bisnis Keluarga

Banjarmasin, Sun FM Radio – Penulis Gadis Kretek, Ratih Kumala, mengungkapkan bahwa latar belakang cerita untuk novel Gadis Kretek berasal dari kisal industri kretek milik keluarga besarnya.

"Keluarga besar mamaku dulu itu pengusaha kretek lokal di kota kecil di Jawa Tengah," terang Ratih Kumala di sesi wawancara Gadis Kretek di The Hermitage, Jakarta Pusat, Rabu (1/11).

BACA JUGA: Film Konser NCT Nation: To The World Akan Tayang di Bioskop

Saat Ratih tumbuh besar, keluarganya kerap menghabiskan masa libur lebaran di daerah Muntilan yang kini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Cerita soal bisnis kretek milik leluhurnya itu terus diulang. Sehingga, Ratih mengakui sekarang dirinya sudah hafal dengan kisah itu di luar kepala.

"Waktu aku sudah lahir, bisnis kretek yang dibangun kakekku itu sebetulnya sudah enggak ada, jauh sebelum aku lahir," cerita Ratih.

"Tapi, yang tersisa hanyalah cerita-cerita mereka. Mereka (keluarga besar ibunya) sering cerita bahwa di rumah ini tuh dulu isinya pelinting, di pojok situ apa, di pojok situ ngapain," kenangnya.

Ratih juga mengatakan bahwa untuk merampungkan novel tersebut, ia membutuhkan waktu sekitar 4 tahun. 

Novel Gadis Kretek diadptasi menjadi serial yang tayang di Netflix yang berisi lima episode.