pecatur nasional

Piala Dunia Catur 2023, Medina Warda Aulia Lolos 16 Besar: Kado untuk Indonesia dan Percasi

Banjarmasin, Sun FM Radio –  Pecatur Nasional Indonesia IM Medina Warda Aulia kembali mencetak kemenangan pada putaran ketiga Piala Dunia Catur FIDE di Baku, Azerbaijan, Ahad, 6 Agustus 2023.

Kemenangan atas pecatur Rusia IM Alina Bivol itu menjadikan Medina Warda sebagai pemain pertama yang melaju ke babak 4 besar di nomor putri. Pada babak pertama yang digelar pada Sabtu, 5 Agustus 2023, Medina berhasil menaklukkan Alina Bivol di langkah ke-49 menggunakan pembukaan Italia variasi Empat Kuda. Alina, yang menggunakan pasukan putih, tampak ambisius dalam permainannya.

BACA JUGA: WNA Dideportasi dari Bali Kian Tinggi, Selama 2023 Sudah 198 Orang

Pada langkah 14 dan 16, dia langsung menggebrak dengan memajukan bidaknya di petak g4 dan h4 menyerang sayap-raja hitam. Padahal, raja Alina masih di tengah papan. Medina kemudian melancarkan serangan balasan dengan memajukan bidak b5. Artinya raja Alina akan terjebak di tengah papan dan tidak bisa rokade. Kemudian pada langkah ke-25 Medina berhasil membongkar sentrum dengan tusukan bidak c4.

Sejak saat itu raja putih terus menerus dalam ancaman kena sekakmat. Alina menyerah setelah satu gerakan lagi rajanya mati langkah. Pada babak kedua yang dilangsungkan pada Ahad, 6 Agustus 2023, Medina akhirnya dinyatakan lolos ke-16 besar Piala Dunia Catur FIDE setelah berakhir remis.

Alina terpaksa mengakui kehebatan Medina pada langkah 33 pertahanan Philidor. Medina, yang menggunakan pion putih, sebetulnya unggul sejak mengorbankan gajah Di h7 pada langkah ke-19. Saat itu pertahanan sayap- raja hitam sudah ambrol.

Padukan Putih cuma butuh sekak abadi. Tapi Alina tidak pasrah begitu saja. Pecatur Rusia itu terus mempersulit kendati posisinya malah semakin memburuk. Sejak itulah Alina rela rajanya mendapat sekakmat bolak-balik dari pada kalah. Medina mengaku bermain aman karena hanya butuh remis. Medina unggul dengan skor 1.5 sementara Alina hanya 0.5.

 
pelari somalia

Viral Pelari Somalia Cetak Rekor Lari 100 Meter Paling Lambat di Dunia

Banjarmasin, Sun FM Radio – Video pelari asal Somalia yang disebut cetak rekor paling lambat pada nomor sprint 100 meter viral di media sosial.

Jagad media sosial dihebohkan dengan cuplikan video dari World University Games 2023 di Chengdu, China, Selasa (1/8) dalam lomba lari nomor 100 meter putri. Wanita asal Somalia yang ikut dalam kompetisi itu jadi sorotan karena jadi pelari paling belakang.

BACA JUGA: Menaker Respons Usul UMP Naik 15 Persen Tahun Depan

Tak hanya itu, wanita yang kemudian diidentifikasi sebagai Nasra Abukar itu nampak tidak kompetitif lantaran tertinggal jauh dari para pesaing. Ia mengukir catatan waktu 21,81 detik. "Abukar yang disebut sebagai atlet tidak terlatih dengan pengalaman lari terbatas, diberitakan menyelesaikan balapan dengan 21,81 detik sekaligus jadi rekor baru untuk finis terlambat," tulis Sport Bible.

Dalam laporan tersebut, Abukar dikabarkan merupakan keponakan dari Ketua Federasi Atletik Somalia, Khadija Aden Dahir.

Khadija bahkan disebut sempat mengucapkan selamat kepada sang keponakan melalui unggahan di media sosial. Hal ini membuat Menteri Olahraga Somalia, Mohamed Barre berencana melakukan investigasi terhadap proses seleksi atlet.

"Kementerian Olahraga Somalia menyatakan tidak tahu bagaimana Nasra Abukar Ali dipilih untuk berkompetisi pada lomba lari 100 meter putri di Chengdu pada Selasa lalu," tulis pernyataan yang dikutip dari CBC.

(cnnindonesia.com)

 
lionel messi

Messi Menemukan Kembali Kebahagiaan di Inter Miami

Banjarmasin, Sun FM Radio – Jordi Alba melihat atmosfer positif di Inter Miami. Alba menyebut Lionel Messi bahagia setelah melewati masa-masa yang berat di Paris Saint-Germain.

Alba belum lama ini diresmikan sebagai pemain baru Inter Miami. Bek berusia 34 tahun itu gabung dengan status bebas transfer usai kontraknya di Barcelona tak diperpanjang. Di Inter Miami, Alba reuni dengan Messi dan Sergio Busquets. Alba senang bisa main bareng lagi dengan mantan rekannya di Barcelona itu.

BACA JUGA: Pakar Minta Blokir IMEI Ilegal Cuma Berlaku di Hp yang Belum Terpakai

Alba melihat atmosfer yang positif di Inter Miami, terutama di sekeliling Messi. Dia menyebut Messi menemukan kembali kebahagiaannya.

"Saya kira atmosfernya bagus di sini dan Messi merasa didukung dan dicintai dan itulah yang paling penting," ujar Alba seperti dilansir AS.

"Dia melewati masa sulit di Paris Saint-Germain, tapi dia sudah mendapatkan kembali kegembiraannya dan ini adalah tantangan yang membuatnya bersemangat."

Alba mengklaim bahwa Messi tidak main-main di Inter Miami. Messi disebut tetap ingin banyak trofi karena punya jiwa kompetitif yang tinggi.

"Leo adalah orang yang punya banyak tuntutan, seorang pemain yang ingin menang dan bersaing di setiap sesi latihan dan pertandingan," ucap Alba.

"Dia memang sudah juara Piala Dunia, tapi dia akan tetap sama dan akan berjuang untuk tantangan ini bersama Inter Miami. Dia akan mencoba meraih segalanya di sini dan itulah kenapa semua pemain ada di sini," katanya.

(detik.com)

 
venue piala dunia u17

Piala Dunia U-17 2023: Solo Usulkan 3 Lapangan Baru untuk Disurvei FIFA

Banjarmasin, Sun FM Radio – Para Walikota pada berlomba untuk menjadikan stadion kota masing-masing dipilih oleh FIFA

Kota Solo akan mengusulkan tiga lapangan baru untuk disurvei FIFA guna mendukung Piala Dunia U-17 2023. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang mengungkapkan itu.

Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung di Indonesia pada 10 November sampai 2 Desember 2023. Solo menjadi salah satu kota tuan rumah. Solo dipastikan akan menggelar pertandingan semifinal dan final. Stadion Manahan yang dipilih sebagai venue untuk pertandingan-pertandingan ajang itu.

BACA JUGA: Kemarau Kering, Badan Pangan Pastikan Stok Komoditas Strategis Aman hingga Akhir 2023

Gibran mengusulkan tiga lapangan untuk ditinjau sebagai tempat latihan Piala Dunia U-17 2023. Tiga lapangan itu, yakni Stadion Mini Blulukan, Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS), dan Lapangan Kampung Sewu.

Saat persiapan Piala Dunia U-20 yang akhirnya batal beberapa waktu lalu, sudah ada empat stadion yang disiapkan sebagai lapangan utama untuk pertandingan, dan lapangan latihan. Keempat stadion itu meliputi Stadion Manahan Solo, Lapangan Banyuanyar, Kota Barat, dan Stadion Sriwedari.

"Untuk latihan. Usulan dari pimpinan-pimpinan di pusat," kata Gibran saat ditemui awak media di Balai Kota Solo, Senin (31/7/2023), dikutip dari detikJateng.

(detik.news)

inspeksi fifa ke indonesia

Tiga Poin Utama FIFA Inspeksi Venue Piala Dunia U-17 di Indonesia

Banjarmasin, Sun FM Radio – Ada 3 Point yang menjadi perhatian FIFA

FIFA memulai pemeriksaan sejumlah venue untuk Piala Dunia U-17 2023 pada Sabtu (29/7/2023). Dijelaskan PSSI, ada tiga poin utama yang menjadi perhatian.

Jakarta International Stadium (JIS) menjadi lokasi pertama yang dikunjungi FIFA. Sesuai jadwal sebelumnya, stadion berkapasitas 82 ribu penonton itu memang tempat pertama yang dilihat kondisinya.

BACA JUGA: Yakin Atasi Kesenjangan, Nadiem Bakal Lanjutkan Sistem PPDB Zonasi

Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha, turut menemani FIFA dalam inspeksi ke JIS. Ratu Tisha menyatakan tiga fokus kunjungan FIFA.

Ratu Tisha menyampaikan FIFA juga akan mengecek kualitas venue yang berada pada pitch management atau lapangan dengan lebih spesifik soal jenis dan kondisi rumput. Poin ketiga yang menjadi perhatian FIFA terkait dengan team services, termasuk akomodasi untuk para peserta. Dalam suratnya FIFA merekomendasikan rumput JIS untuk diganti. Pertandingan dengan format turnamen yang memiliki intensitas tinggi membuat FIFA ingin memastikan penggantian rumput dengan sistem pemulihan yang cepat. Dalam jadwal, FIFA akan melakukan inspeksi di empat kota Indonesia pada 29 Juli - 1 Agustus 2023. Empat kota itu adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Solo.

(detik.com)