pecatur nasional

Piala Dunia Catur 2023, Medina Warda Aulia Lolos 16 Besar: Kado untuk Indonesia dan Percasi

Banjarmasin, Sun FM Radio –  Pecatur Nasional Indonesia IM Medina Warda Aulia kembali mencetak kemenangan pada putaran ketiga Piala Dunia Catur FIDE di Baku, Azerbaijan, Ahad, 6 Agustus 2023.

Kemenangan atas pecatur Rusia IM Alina Bivol itu menjadikan Medina Warda sebagai pemain pertama yang melaju ke babak 4 besar di nomor putri. Pada babak pertama yang digelar pada Sabtu, 5 Agustus 2023, Medina berhasil menaklukkan Alina Bivol di langkah ke-49 menggunakan pembukaan Italia variasi Empat Kuda. Alina, yang menggunakan pasukan putih, tampak ambisius dalam permainannya.

BACA JUGA: WNA Dideportasi dari Bali Kian Tinggi, Selama 2023 Sudah 198 Orang

Pada langkah 14 dan 16, dia langsung menggebrak dengan memajukan bidaknya di petak g4 dan h4 menyerang sayap-raja hitam. Padahal, raja Alina masih di tengah papan. Medina kemudian melancarkan serangan balasan dengan memajukan bidak b5. Artinya raja Alina akan terjebak di tengah papan dan tidak bisa rokade. Kemudian pada langkah ke-25 Medina berhasil membongkar sentrum dengan tusukan bidak c4.

Sejak saat itu raja putih terus menerus dalam ancaman kena sekakmat. Alina menyerah setelah satu gerakan lagi rajanya mati langkah. Pada babak kedua yang dilangsungkan pada Ahad, 6 Agustus 2023, Medina akhirnya dinyatakan lolos ke-16 besar Piala Dunia Catur FIDE setelah berakhir remis.

Alina terpaksa mengakui kehebatan Medina pada langkah 33 pertahanan Philidor. Medina, yang menggunakan pion putih, sebetulnya unggul sejak mengorbankan gajah Di h7 pada langkah ke-19. Saat itu pertahanan sayap- raja hitam sudah ambrol.

Padukan Putih cuma butuh sekak abadi. Tapi Alina tidak pasrah begitu saja. Pecatur Rusia itu terus mempersulit kendati posisinya malah semakin memburuk. Sejak itulah Alina rela rajanya mendapat sekakmat bolak-balik dari pada kalah. Medina mengaku bermain aman karena hanya butuh remis. Medina unggul dengan skor 1.5 sementara Alina hanya 0.5.