anggota bawaslu

Bawaslu di Banua Krisis Anggota, karena Sebagian Menyeberang ke KPU

Banjarmasin, Sun FM Radio – Sun People, ada yang minat join ke Bawaslu?

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sedang kekurangan orang. Sebagian anggotanya menyeberang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Bahkan, di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tapin hanya tersisa satu anggota.

Di Banjarbaru hanya tersisa Akhmad Mukhlis. Dua rekannya Normadina dan Dahtiar sudah dilantik menjadi anggota KPU Banjarbaru. Sementara di Tapin hanya tersisa Fathur Rahman Nor. Setelah Fakhrian Noor dan Thessa Aji Budiono lulus seleksi anggota KPU Tapin.

BACA JUGA: PHD Terbentuk karena Prihatin Terhadap Kualitas Air Sungai di Banjarmasin

Di tiga daerah lainnya, agak mendingan. Masih tersisa dua orang.

Seperti di Bawaslu Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Utara (HSU) dan Tabalong.

Kemudian di Kabupaten Tanah Bumbu, anggotanya tersisa tiga orang. Yang masih lengkap hanya di Kabupaten Barito Kuala, Tanah Laut dan Balangan. Kekurangan tenaga, bagaimana Bawaslu bekerja? Terlebih saat ini tahapan verifikasi administrasi bacaleg tengah berjalan.

Anggota Bawaslu Kalsel, Aries Mardiono menegaskan roda organisasi tetap akan berjalan. Dia memastikan untuk membantu kerja pengawasan di daerah, sembari menunggu anggota baru terpilih, Bawaslu provinsi akan turun tangan membantu. Tak hanya Bawaslu, sebagian pengawas di kecamatan (Panwascam) juga lulus seleksi KPU. Jumlahnya sekitar sepuluh orang.

Namun, di level Panwascam sudah teratasi dengan PAW. “Di kecamatan tak masalah. Karena lebih dulu diseleksi. Sekarang sudah diganti,” jelasnya.

Kepala Sekretariat Bawaslu Kalsel, Teuku Dahsya Kusuma Putra mengatakan, tahapan seleksi anggota Bawaslu kabupaten/kota masih berjalan.

(radarbanjarmasin.com)