lgbt

Batal di Jakarta, Pertemuan LGBT Se-ASEAN Dipindah Demi Keselamatan

Banjarmasin, Sun FM Radio - Agenda pertemuan kelompok Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) Se-ASEAN lewat program ASEAN Queer Advocacy Week (AAW) batal digelar di Jakarta.

Panitia mengatakan acara bakal tetap dihelat, namun direlokasi ke tempat lain. "Benar [batal digelar di Jakarta]. Agenda tersebut kami relokasi," kata Advocacy Officer ASEAN SOGIE Caucus Lini Zurlia.

Lini tak menjelaskan di wilayah mana agenda itu akan digelar. Ia hanya mengatakan upaya relokasi ini untuk menjamin keselamatan para peserta dan penyelenggara.

BACA JUGA: Proyek Tugu Nol Banjarbaru Dinilai Terburu-buru

"Untuk alasan keselamatan baik penyelenggara maupun peserta," ucapnya.

Gelombang penolakan terhadap agenda ini baru-baru ini muncul dari ormas-ormas Islam. Salah satunya Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas meminta pemerintah tak memberi izin agenda pertemuan tersebut.

 

Anwar menilai bila pemerintah memperkenankan agenda tersebut, sama saja telah melanggar ketentuan yang telah ditetapkan oleh konstitusi.

 

"MUI mengingatkan dan mengimbau pihak pemerintah agar jangan memperkenankan dan memberi izin terhadap diselenggarakannya acara tersebut," kata Anwar dalam keterangannya. 

Saat ini Sun People, pihak kepolisian masih mencari tau kebenaran soal informasi rencana agenda tersebut.

(cnnindonesia.com)