ktp banjarbaru

Ribuan Warga di Banjarbaru Belum Ber-KTP

Banjarmasin, Sun FM Radio – Apakah kamu termasuk yang belum punya Sun People?

Hingga pertengahan tahun 2023, ribuan warga yang tinggal di Kota Banjarbaru diketahui masih belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarbaru, jumlah warga di Kota Idaman yang belum memiliki kartu identitas inj sebanyak lebih dari 4 ribu orang.

BACA JUGA: Tradisi Manaik Manau Tabalong meriahkan Blitar Ethnic National Carnival 2

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data, Disdukcapil Banjarbaru, Andina Puspasari mengatakan rata-rata warga yang belum memiliki E-KTP ini adalah kalangan remaja yang saat ini menginjak kelas 12 SMA sederajat. 

Hal tersebut diakuinya menjadi PR bagi SKPDnya sendiri. Pasalnya, para remaja tersebut rata-rata usianya masuk dalam kategori pemilih pemula dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Kendati demikian, pihaknya mengaku akan berusaha mengejar angka tersebut dengan menggunakan sistem jemput bola untuk melakukan perekaman E-KTP.

Disebutkan Andina, berbagai inovasi sudah dilakukan pihaknya untuk perekaman E-KTP ini, salah satunya melalui program ‘Jebol Siskamling’ alias Jemput Bola Sistem Perekaman Keliling. Program itu menurutnya berlangsung dengan menyisir seluruh kelurahan se Kota Banjarbaru untuk mencari warga yang belum melakukan perekaman E-KTP.

(prokalsel.co)