BNPB dan BPBD Kalsel Tabur 6 Ton Garam ke Awan Untuk Mancing Hujan

BNPB dan BPBD Kalsel Tabur 6 Ton Garam ke Awan Untuk Mancing Hujan

Banjarmasin, Sun FM Radio – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel mendata sekitar hampir dua ribu titik api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hingga 30 September 2023. Untuk angka tepatnya ada 1.993 titik api.

 

Sekitar 579 titik api terdapat di Kabupaten Tanah Laut. Selanjutnya, 460 titik api ada di Kabupaten Banjar dan 408 titik api di Kota Banjarbaru.

 

“Dari patroli udara yang dilakukan pemantauan (baru-baru tadi, red), hanya Kota Banjarmasin yang tak ada titik api karhutla,” terang Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan dari BPBD Kalsel, Bambang Dedi Mulyadi, kemarin (1/10).

Jumlah titik api ini mengalami peningkatan drastis dibandingkan pada bulan lalu. Sampai akhir Agustus lalu, titik api sebanyak 793 titik. Penambahan titik api bulan ini artinya lebih dari 100 persen.

Sementara, jumlah luasan karhutla di Kalsel sampai akhir September tadi sudah mencapai 20.955,07 hektare. Jumlah ini pun mengalami peningkatan drastis. Bulan lalu luasan karhutla masih 2.198 hektare.

Besarnya luasan daerah Karhutla diperparah dengan tidak turunnya hujan. Hal ini membuat BNPB dan BPBD Kalsel di Kota Banjarbaru membuat upaya Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).  Namun, upaya ini belum membuahkan hasil. Padahal upaya memancing hujan buatan dengan menabur garam ke awan ini sudah dilakukan sejak 23 hingga 28 September lalu. Adapun jumlah garam yang ditabur adalah 6 ton.