Negara Kaya Ngebantu Agar RI  Lepas dari Batu Bara

Negara Kaya Ngebantu Agar RI Lepas dari Batu Bara

Banjarmasin, SUN FM Radio – Bisa dikatakan bahwa Indonesia sangat bergantung pada industri batu bara sampai saat ini. Namun melihat akan kondisi yang semakin berdampak pada lingkungan, Indonesia sendiri masih berupaya agar ketergantungan terhadap jenis industri ini dikurangi.

Hal ini tentu didukung oleh sejumlah negara kaya termasuk Amerika Serikat yang mana berjanji akan memberikan US$20 miliar atau setara dengan Rp310 triliun (asumsi kurs Rp15.548 per dolar) untuk membantu Indonesia lepas dari ketergantungan terhadap industri batu bara.

Pemberian dana tersebut merupakan salah satu komitmen dalam perjanjian untuk transisi energi yang adil bagi ekonomi Indonesia.

Dalam keterangan resmi Gedung Putih, dana tersebut juga diberikan untuk mencapai netralitas karbon pada 2050 di mana target tersebut maju satu dekade lebih awal.

Sejumlah negara yang ikut bergabung adalah Amerika Serikat, Jepang, Kanada, dan enam negara Eropa yang menandatangani perjanjian dengan Indonesia di tengah KTT G20. Dalam perjanjian tersebut, negara-negara kaya sepakat untuk menjadikan Indonesia netral dari karbon pada 2050 dan memperbanyak jumlah pembangkit energi baru terbarukan (EBT) pada 2030.

Ditambah bahwa Indonesia sedang memprioritaskan ekonomi hijau. Semoga tujuan baik untuk mengangkat iklim dunia ini bisa berjalan dengan baik, ya sun people!

(sumber: cnnindonesia.com)