jembatan di kabupaten banjar

Pemprov Kalsel Bangun Jembatan Tambak Baru Ilir Guna Atasi Kemacetan

Banjarmasin, Sun FM Radio – Syukuran sekaligus doa bersama yang dihadiri sejumlah toko agama dilangsungkan pada mulainya Pembangunan Jembatan di Desa Tambak Baru Ilir, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, pada Senin (12/2/2024) 

 

Jembatan itu rencananya memiliki panjang sekitar 60 meter kelas C dengan lebar jalan beraspal 4.20 meter ditambah trotoar 2 x 0.40 meter dan pondasi menggunakan tiang pancang baja diameter 500 mm.

“Jembatan ini diharapkan akan memecah kemacetan dan memperlancar arus lalu lintas, terutama mendukung acara keagamaan seperti acara Haul Guru Sekumpul,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalsel, Ahmad Solhan.

BACA JUGA: Moana 2 Akan Tayang di Bioskop Pada 27 November 2024

Jembatan tersebut nantinya menghubungkan dua desa yakni Tambak Anyar Ilir dan Tambak Baru Ilir.

Awalnya, usulan pembangunan jembatan itu mengemuka pada 2022, sedangkan perencanaannya tahun 2023.

“Kabar baik datang pada tahun 2024 ini ketika Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor memberikan lampu hijau untuk melakukan pembangunan,” tutur Solhan.

Dia berharap pembangunan jembatan ini dapat berjalan sesuai rencana dan masyarakat setempat menggunakan sekaligus menjaga secara maksimal.

“Diharapkan masyarakat dapat memelihara jembatan ini agar fungsi dan manfaatnya dapat terjaga sepanjang waktu,” pesan Solhan.

Sementara itu, Pembakal Tambak Baru Ilir, Mulianoor merespons positif dari masyarakat setempat yang menyambut baik pembangunan jembatan tersebut.

Menurut Mulianoor, dengan adanya pembangunan jembatan juga akan membuka peluang baru bagi pengembangan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup masyarakat setempat.