Blanko Menipis, Disdukcapil Banjar Sosialisasikan KTP Digital

Blanko Menipis, Disdukcapil Banjar Sosialisasikan KTP Digital

Banjarmasin, SUN FM Radio Banjarmasin – Ternyata kelangkaan blanko untuk pendaftaran KTP mulai dirasakan tidak hanya di luar daerah nih, Sun people. Kabarnya di wilayah Kalimantan Selatan pun juga merasakan hal yang sama, salah satunya di Kabupaten Banjar.

Seperti informasi dari Tribunnews, menipisnya blangko KTP elektronik  juga dialami Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar, Azwar mengatakan ketersedian blangko KTP Elektronik terjadi di seluruh Indonesia.

Hal tersebut juga sudah divalidkan dengan adanya surat keterangan dari Dirjen Administrasi Kependudukan pada Kementerian Dalam Negeri kepada Disdukcapil Banjar, perihal kelangkaan blangko KTP elektronik yang terjadi di seluruh Indonesia hingga awal tahun 2023.

Menurut Azwar ada dua cara yang akan diterapkan pihaknya menyikapi kelangkaan, pertama bertanya dengan pemohon KTP elektronik, apakah memiliki handphone android atau smartphone untuk KTP digital.

"Jika memiliki handphone android atau smartphone, diberikan layanan otentikasi untuk KTP digital. Kedudukan sama dengan KTP elektronik," ujar Azwar.

Kemudian cara kedua, apabila pemohon KTP elektronik yang tidak memiliki handphone android atau smartphone, tetap dilayani.

Azwar mengaku awal pekan depan, pelayanan KTP digital disosialisasikan. Itu karena stok blangko KTP elektronik tak sampai 100 keping.

(sumber: tribunnews.com)