Meriahkah HKN, Ratusan Warga Ikuti Jalan Sehat di Siring Nol Kilometer Banjarmasin

Meriahkah HKN, Ratusan Warga Ikuti Jalan Sehat di Siring Nol Kilometer Banjarmasin

Banjarmasin, SUN FM Radio - Ratusan warga dari berbagai elemen mengikuti kegiatan jalan sehat di kawasan Siring Nol Kilometer Kota Banjarmasin, Minggu kemarin. Mulai mahasiswa, Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota organisasi profesi kesehatan, hingga warga biasa.

Kegiatan tersebut merupakan program Germas (gerakan masyarakat) Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), sekaligus rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022.

Program Germas bertujuan menggerakkan berbagai elemen warga dalam berperilaku hidup sehat serta tanggung jawab terhadap keluarga dan lingkungan sekitar. Kepala Dinkes Kalsel, dr Diauddin, mengakui peningkatan kasus penyakit tidak menular (PTM) akan menambah beban pemerintah jika tidak dipedulikan oleh masyarakat.

"Hidup sehat harus diawali dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, kasus PTM juga menyebabkan hilangnya potensi sumber daya manusia hingga menurunkan produktivitas. Yang mana akan berpengaruh pada pembangunan sosial dan ekonomi.

Pencegahan penyakit sangat tergantung pada perilaku individu yang didukung oleh kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan regulasi untuk hidup sehat.

(sumber: tribunnews.com)