Kemenkes Beri Imunisasi Rutin di Wilayah Risiko Tinggi Polio

Kemenkes Beri Imunisasi Rutin di Wilayah Risiko Tinggi Polio

Banjarmasin, SUN FM Radio - Kementerian Kesehatan melakukan imunisasi rutin di daerah rawan Kejadian Luar Biasa (KLB) polio seperti di Aceh. Alasannya, Indonesia merupakan negara dengan risiko polio yang tinggi berdasarkan capaian imunisasi rutin dalam tiga tahun terakhir.

Direktur Imunisasi Kemenkes Prima Yosephine menyampaikan pihaknya telah memberikan perhatian khusus bagi wilayah yang cakupan imunisasinya masih rendah dan rawan terjadinya KLB. Hal tersebut dilakukan melalui upaya pelaksanaan penguatan imunisasi rutin.

“Semua sasaran bayi itu harus sudah mendapatkan lengkap imunisasi polio, yaitu 4 dosis untuk polio yang tetes dan satu dosis untuk suntikan sesuai dengan usia anaknya”, kata Prima lewat siaran pers yang dibagikan Selasa malam 29 November 2022.

Selain itu, Prima juga mengungkapkan pihaknya juga melakukan pelacakan untuk memastikan seluruh bayi mendapatkan 4 dosis imunisasi bOPV, dan 1 dosis imunisasi IPV lengkap sesuai usia, meningkatkan analisis, dan pemanfaatan data.

Pihaknya optimis target 95 persen imunisasi dalam sepekan kedepan akan tercapai. Semoga capaian ini bisa segera terpenuhi ya, sun people!

(sumber: tempo.co)