mata kuliah baru di vokasi UI

Vokasi Universitas Indonesia akan Terapkan Mata Kuliah Komik

Banjarmasin, SUN FM Radio – Sun People, kamu bakal kepikiran ga sih komik bakal dijadikan Mata Kuliah? Penggemar dunia komik bakal senang sampe 7 turunan nih!

Siapa sangka kalau komik ternyata bisa masuk ke dalam mata kuliah yang dipelajari mahasiswa?

Program studi (prodi) Produksi Media, Program Pendidikan Vokasi di Universitas Indonesia (UI) menerapkan mata kuliah komik dalam kurikulumnya.

Produksi Media merupakan program Sarjana Terapan atau D4 untuk mencetak sarjana yang mampu menjadi pelaku industri kreatif di bidang produksi media sesuai dengan etika profesi yang berlaku dan memanfaatkan Teknologi-Informasi-Komunikasi (TIK) secara inovatif serta bertanggung jawab.

Bukan tanpa alasan, penerapan mata kuliah komik ini bertujuan agar Vokasi UI dapat berpartisipasi dalam membangun industri komik yang memiliki potensi tinggi di Indonesia.

Mengutip dari laman resmi kampus, langkah ini juga dapat mendobrak pasar ekonomi Indonesia. Upaya lain yang dilakukan oleh Vokasi UI ialah menyelenggarakan lokakarya dalam program pengabdian masyarakat.

Selain itu, Intellectual Property atau IP merupakan aset yang tidak berwujud dan dapat dimiliki oleh kreator komik. Ini dibuktikan dari beberapa tahun terakhir pangsa pasar bisnis IP kian meningkat dan berpotensi untuk lebih meningkatkan ekosistem industri kreatif di Indonesia.

Kabar yang cukup menarik ya kan, Sun People. Siap untuk masuk ke Mata Kuliah yang satu ini?

(sumber: detik.com)