kematian ibu dan anak di Balangan

Kabupaten Balangan Miliki Kasus Angka Kematian Ibu dan Anak yang Tinggi

Banjarmasin, SUN FM Radio – Disebabkan oleh apa ya, Sun People…

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Balangan terus berupaya untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Balangan yang sempat tinggi.

Tercatat pada 2021 terdapat tujuh kasus ibu meniggal dan pada 2022 turun menjadi tiga kasus.  Kemudian, untuk angka kematian bayi juga menurun dari angka 30 kasus pada 2021 menjadi 17 kasus pada 2022.

Dilansir dari tribunnews, Kadinkes Balangan, Akhmad Nasa’I mengakui, angka kematian ibu dan bayi di Balangan yang sempat tinggi.

Oleh sebab itu, berbagai program dijalankan untuk mengurangi resiko kematian ibu dan bayi. Bukan tidak hanya melibatkan petugas Dinas Kesehatan melainkan juga tugas dari seluruh pihak termasuk masyarakat.

“Kami mendorong tiap desa memiliki kegiatan untuk remaja yang menjadi calon ibu hamil untuk bisa mengetahui risiko kehamilan dan menjaga kesehatan kehamilan,” jelasnya lagi.

Akhmad Nisa’I menambahkan dalam upaya dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi juga dilakukan penambahan sarana fasilitas kesehatan.

Tahun ini rencananya akan dibangun 13 Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) yang tersebar di beberapa kecamatan.

Sebelumnya sudah terdapat 140 Poskesdes, dan pada tahun ini kembali dilakukan pembangunan dengan anggaran sekitar Rp 200 juta perbangunan.

(sumber: tribunnews.com)