Indonesia menjadi ketua ASEAN 2023

Indonesia Resmi Jadi Ketua ASEAN 2023

Banjarmasin, SUN FM Radio – Indonesia dipandang dunia, Sun People!

Indonesia resmi menjabat sebagai ketua ASEAN untuk tahun 2023. Peresmian ini ditandai dengan acara kick off serta pemukulan alat musik rebana oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Bundaran Hotel Indonesia pada Minggu (29/1/2023), waktu setempat.

Presiden Jokowi menyampaikan optimisme bahwa ASEAN akan tetap relevan serta menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang penting di kawasan.

Sebagai salah satu negara pendiri ASEAN dan negara terbesar di ASEAN, banyak pihak menyandarkan harapan pada Indonesia untuk dapat melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam menghadapi berbagai permasalahan dunia yang juga dihadapi kawasan.

Indonesia bertekad mengarahkan kerja sama ASEAN tahun 2023 untuk melanjutkan dan memperkuat relevansi ASEAN dalam merespon tantangan kawasan dan global, serta memperkuat posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan, untuk kemakmuran rakyat di Asia Tenggara.

Dilansir dari cnbcindonesia, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyebutkan tema dari ASEAN 2023 adalah "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth." Tema tersebut terdiri dari dua elemen besar yaitu ASEAN Matters dan Epicentrum of Growth.

Lebih lanjut dijelaskan, dengan kedua elemen yang ada pada ASEAN 2023 ini diharapkan bisa menjadi upaya dalam memperkuat Asia Tenggara dalam pertumbuhan ekonomi kawasan dan kemakmuran rakyat ASEAN.

Serah terima Keketuaan ASEAN dari Kamboja ke Indonesia telah dilakukan pada KTT ASEAN ke-42 di Phnom Penh bulan November 2022 lalu. Periode Keketuaan Indonesia di 

ASEAN sendiri dimulai sejak 1 Januari 2023 dan akan berlangsung selama setahun sampai dengan 31 Desember 2023.

(sumber: cnbcindonesia.com)