Sandiaga uno

Terlalu Banyak Hari Libur Tidak Beratkan Ekonomi

Banjarmasin, SUN FM Radio – Ini kata pak Kemenparekraf ya, Sun People…

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut bahwa banyaknya hari libur tidak serta-merta menurunkan produktivitas ekonomi.

Saat ini, Sandiaga berupaya menambah jumlah hari libur nasional. Sandi mengusulkan pemerintah menambah satu hari libur setelah peringatan hari-hari besar yang jatuh pada akhir pekan. Dengan demikian, akan ada banyak libur panjang akhir pekan (long weekend) yang diharapkan bisa menggerakkan sektor pariwisata.

Dari data yang kami kumpulkan setelah mereka menikmati long weekend, kembalinya jadi lebih produktif," lanjutnya.

Sebaliknya, menurut dia, adanya long weekend justru merangsang ekonomi dengan cukup baik di destinasi-destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif. Sebab, adanya long weekend disebut memicu pergerakan wisatawan nusantara secara cukup signifikan.

Ia memberi contoh, hasil survei yang dilakukan pihaknya pada periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 menunjukkan bahwa 64 persen responden melakukan perjalanan wisata.

"Tadinya hanya 'Mpok Rohali', rombongan hanya lihat-lihat, mereka menjadi 'Rojali' rombongan jajan-jajan dan beli-beli," seloroh Sandiaga.

Kota-kota di Pulau Jawa, semisal Anyer, Bandung, Yogyakarta, Malang, hingga Surabaya disebut melaporkan perbaikan tingkat okupansi penginapan dan mengapresiasi adanya long weekend.

Hal ini juga disebut tak terlepas dari tren pergerakan wisatawan dari jalur udara ke darat sehubungan dengan masih mahalnya harga tiket penerbangan.

(sumber: kompas.com)