hari asma sedunia

HARI ASMA SEDUNIA: 18 Juta Orang di Indonesia Mengidap Asma

Banjarmasin, SUN FM Radio – Asthma Care For All, Sun People!

Hari Asma Sedunia dirayakan setiap hari Selasa pertama di bulan Mei. Pengidap asma di Indonesia sendiri hingga saat ini masih tergolong tinggi.

Tercatat, total pengidap asma di Indonesia mencapai 18 juta orang. Mereka terdiri dari berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua, lho, Sun People!

BACA JUGA: Bye bye Dolar AS! Transaksi Dagang RI-Korsel akan Pakai Rupiah dan Won

Dokter spesialis paru yang juga tergabung dalam Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Arief Bakhtiar mengatakan, penyakit asma memang tidak hanya menyerang anak, tapi orang dewasa hingga lansia, hal ini dikutip dari sumber, CNN Indonesia.

Bahkan, kata dia, saat ini berdasarkan catatan dari Global Asthma Report 2022 disebutkan bahwa penderita asma di seluruh dunia telah mencapai angka 262 juta jiwa. 

Gejala, penyebab dan pencetus asma

Arief menyebut, tak ada yang tahu pasti kenapa seseorang bisa mengalami asma. Namun, banyak kasus asma yang diturunkan secara genetik.

Gejala asma bisa bervariasi, bahkan bisa berbeda dari waktu ke waktu. Umumnya gejala juga muncul di malam hari. Gejala biasanya akan semakin berat jika dipicu alergi.

Berikut beberapa gejala asma yang perlu diketahui:

- batuk,

- sesak napas,

- mengi atau napas berbunyi,

- dada terasa berat.

(sumber: cnnindonesia.com)