wamendag

RI Akan Gabung BRICS?

Banjarmasin, SUN FM Radio – Indonesia ingin gabung BRiCS nih, Sun People…

Kementerian Perdagangan (Kemendag) merespons kabar Indonesia akan bergabung dengan blok negara-negara Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan (BRICS).

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan keputusan Indonesia akan bergabung dengan blok tersebut masih akan melihat situasi ke depan. Namun, ia tak menampik Indonesia ingin bergabung dengan BRICS.

BACA JUGA: Orangtua di Kalsel Pilih Ponpes Agar Anak Lebih Mandiri

Bahkan disampaikan juga bahwa Indonesia telah lama ingin bergabung dengan BRICS. Namun, Mendag enggan memberi kepastian apakah Indonesia telah mendaftar untuk bergabung dengan blok itu. Hal ini disampaikan kepada CNN Indonesia, beberapa waktu yang lalu.

"Dari dulu itu kan. Kan Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Ada yang bilang (huruf) I (dalam BRICS) harusnya ada dua yaitu India dan Indonesia," katanya.

Untuk diketahui, sebelumnya, duta besar Afrika Selatan untuk BRICS, Anil Sooklal mengatakan 13 negara telah secara resmi meminta untuk bergabung dengan Brics. Sedangkan enam negara lainnya telah meminta secara tidak resmi.

(sumber: cnnindonesia.com)