vaksin anak

Rekomendasi Baru IDAI, Vaksin DBD dan HPV Jadi Imunisasi Wajib

Banjarmasin, SUN FM Radio – Vaksin wajib untuk anak-anak ya, Sun People!

IDAI mengeluarkan rekomendasi terbaru soal imunisasi anak. Seperti dilansir dari CNN Indonesia, dalam rekomendasi itu disebutkan dua jenis vaksin baru yang harus diberikan pada anak. 

Ketua Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Hartono Gunardi menyebut dua jenis vaksin ini yakni vaksin dengue untuk penyakit demam berdarah dan vaksin HPV 9 valen untuk kanker serviks. Keduanya wajib diberikan pada anak sesuai dengan takaran dan aturan yang telah disetujui BPOM.

BACA JUGA: Siaga Karhutla di Kalsel, Kebutuhan Bom Air Sudah Mendesak

Untuk diketahui, nih Sun People, sesuai dengan aturan vaksin dengue ini bisa diberikan pada anak mulai usia enam tahun. Vaksin ini bisa diberikan untuk anak laki-laki maupun perempuan. Gunanya untuk mencegah anak terkena penyakit demam berdarah.

Sementara untuk vaksin HPV 9 valen bisa diberikan kepada anak perempuan. Vaksin ini bertujuan untuk mencegah anak terkena penyakit kanker serviks. Bisa diberikan kepada anak mulai dari usia sembilan tahun.

Lebih lanjut ketua IDAI Piprim Basarah mengatakan bahwa imunisasi memang wajib dilakukan untuk mencegah anak terkena penyakit menular yang sulit disembuhkan. Apalagi kata Piprim, selama pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2020 lalu, imunisasi rutin anak memang jadi berantakan, nih Sun People.

(sumber: cnnindonesia.com)