IU

Tersandung Kasus Dugaan Plagiarisme, Agensi IU Ungkap Hasil Akhir Kasus Tersebut

Banjarmasin, Sun FM Radio – IU tersandung kasus dugaan plagiarisme. Mengenai kasus tersebut, EDAM Entertainment selaku agensi yang menaungi IU menyatakan bahwa permasalahan hukum tersebut sudah diselesaikan.

Pada Senin (4/9), agensi mengatakan permasalahan itu telah ditutup pada 24 Agustus karena tak ditemukan unsur pidana dalam penyelidikan. IU pertama kali dilaporkan ke Kantor Polisi Gangnam atas tuduhan plagiarisme pada 10 Mei.

BACA JUGA: Marvel Studios Rilis Teaser Terbaru The Marvels

"Pada akhirnya, lembaga penyelidikan memutuskan untuk 'menyelesaikan' tuduhan pidana terhadap Artis (IU) pada 24 Agustus dengan alasan tak ditemukan unsur pidana," kata EDAM Entertainment dalam keterangan tertulis mereka di media sosial.

"Kami mendapatkan pemberitahuan mengenai hasil investigasi tersebut pada 30 Agustus," ungkap agensi.

Dalam kesempatan tersebut, EDAM juga menyatakan IU tidak pernah berpartisipasi dalam membuat lima lagu yang menjadi subjek tuduhan plagiarisme, yaitu Good Day, The Red Shoes, Pitiful, Boo, dan BBIBBI.

Sebelumnya, kasus ini bermula pada Mei 2023, saat seorang warga melaporkan IU ke Kantor Polisi Gangnam, Seoul, atas dugaan pelanggaran hak cipta. Namun, dugaan ini langsung dibantah oleh penulis lagu-lagu tersebut.