sungai veteran

Sungai Veteran Akan Segera Di Revitalisasi, Bagaimana Nasip Kios Di Pasar Kuripan?

Banjarmasin, Sun FM Radio – Sungai veteran mau di revitalisasi Sun People,ada resiko yang harus ditanggung ga yaah sama masyarakat sekitar

Puluhan kios di Pasar Kuripan bakal dibongkar. Itu seiring dengan adanya revitalisasi Sungai Veteran, yang bakal dilakukan Pemko Banjarmasin di tahun 2024 mendatang. Informasi itu diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperdagin) Banjarmasin, Ichrom M Tezar, kemarin (21/6). “Saat ini, pemberitahuan baru dilakukan secara lisan. Nanti akan ada sosialisasi lagi terkait rencana pembongkaran hingga revitalisasi sungai itu,” ujarnya. Dijelaskan Tezar, dari luas total lahan Pasar Kuripan, sembilan meter di antaranya diketahui terdampak jalur pelebaran sungai, dalam program revitalisasi sungai.

BACA JUGA: Ma Dong Seok Akan Produksi dan Bintangi Film Hollywood Adaptasi dari Hell Divers

Di bagian sembilan meter itulah, ada banyak kios berdiri. Tezar tak merincikan berapa banyak kios yang terdampak nantinya. Namun, ia membeberkan bahwa ada puluhan kios yang terdampak. “Mau tidak mau, pedagang yang masuk dalam jalur eksekusi, akan dipindah ke kios lain yang masih kosong (di Pasar Kuripan, red),” ujarnya. Di sisi lain, Tezar juga menambahkan, pada tahun ini, pihaknya akan tetap melakukan pemeliharaan pasar tradisional. Tiga pasar di antaranya yakni Pasar Rawasari, Zahri Saleh dan Pasar Kuripan.

Dalam program pemeliharaan itu, pihaknya mengajak para pengelola pasar, pe­dagang dan pembeli untuk sama-sama menjaga kebersihan pasar.

“Membayar retribusi pasar, mengelola sampah, hingga menyiapkan pasar yang bebas asap rokok,” tutupnya. Terpisah, salah seorang pedagang emas di Pasar Kuripan, Santi, mengaku hanya bisa mengamini rencana pembongkaran itu. Dia juga bilang, bahwa pemko pun sudah pernah mensosialisasikan program tersebut.

(radarbanjarmasin.com)