luhut binsar

Elon Musk Dikabarkan Akan Kunjungi Indonesia di Bulan Oktober

Banjarmasin, Sun FM Radio – CEO Tesla Elon Musk dikabarkan akan berkunjung ke Indonesia pada Oktober 2023. Berita ini disebut oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Adapun tujuan Elon Musk ke Indonesia untuk membahas proyek satelit internet Starlink.

"Ya kita lihat nanti kalau semua deal-nya selesai, kita harapkan ya Oktober (Elon Musk datang ke Indonesia)," kata Luhut di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Rabu (6/9).

BACA JUGA: Disdik Kota Banjarmasin Akan Renovasi Sejumlah Sekolah

Terkait Tesla, Luhut menyebut perusahaan kendaraan listrik itu tidak akan berinvestasi di negara manapun dalam waktu dekat. Namun, ia mengklaim Indonesia menjadi prioritas Musk.

"Tesla seperti saya bilang tadi, mereka tidak akan investasi di mana saja, bukan hanya Indonesia. Jadi kalau dibilang di Malaysia, mereka hanya buka untuk jualan mobil saja," kata Luhut.

Sebelumnya, Luhut sempat menemui Elon di San Fransisco, Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu. Ia menyebut Tesla ingin langsung membuat persetujuan atau agreement terkait investasi.

Menurutnya, investasi Tesla di Indonesia nilainya bakal cukup besar. Namun, ia tak mau merinci berapa besarannya.

Selain Luhut, Presiden Joko Widodo juga dua kali berbicara secara langsung dengan Elon Musk di fasilitas SpaceX, Texas pada 2022 lalu.

Dalam pembicaraan tersebut, Presiden Joko Widodo menawarkan konsesi nikel kepada Tesla jika ingin berinvestasi di Indonesia.