Bupati Banjar Minta Petani Untuk Perhatikan Cuaca Ketika Ingin Bercocok Tanam

Bupati Banjar Minta Petani Untuk Perhatikan Cuaca Ketika Ingin Bercocok Tanam

Banjarmasin, Sun FM Radio – Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur meminta para petani untuk memerhatikan cuasa ketika ingin bercocok tanam.

 

"Gunakan pengetahuan bercocok tanam sesuai cuaca dan iklim agar hasil panen maksimal. Apalagi ada panduan melalui sekolah lapang iklim yang telah diikuti para petani," ujar Saidi di Martapura, Rabu.

 

Sebelumnya, Bupati Saidi melakukan panen raya padi lokal sekaligus menutup Sekolah Lapang Iklim (SLI) Operasional Kabupaten Banjar tahun 2023 di Desa Melayu Tengah, Kecamatan Martapura Timur, Selasa.

 

Menurut Saidi, SLI Operasional merupakan kerja sama Stasiun Klimatologi Kelas I Kalsel dengan Dinas Pertanian Banjar petani untuk mendapat pengetahuan bercocok tanam sesuai prakiraan cuaca dan iklim.

 

"Melalui SLI Operasional petani bisa mengetahui kemajuan di bidang pertanian dan cuaca yang tentu berpengaruh terhadap kesuburan dan produktifitas tanaman yang ditanam," ungkapnya.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas I Banjarbaru Goeroeh Tjiptanto mengatakan, SLI Operasional merupakan sekolah pendampingan bagi petani dengan memberikan pengetahuan dari sebelum tanam atau perencanaan hingga panen.