Akibat Kebakaran di Museum Nasional Indonesia, Sejumlah Koleksi Replika Terdampak

Akibat Kebakaran di Museum Nasional Indonesia, Sejumlah Koleksi Replika Terdampak

Banjarmasin, Sun FM Radio – Dampak dari kebakaran yang terjadi di Museum Nasional pada Sabtu (16/9), sebagian koleksi terdampak insiden tersebut. Koleksi tersebut merupakan replika prasejarah.

Pengurus museum memastikan kebakaran berhasil dikendalikan dengan cepat dan tidak meluas ke gedung-gedung lainnya di kompleks tersebut.

"Ada 6 ruangan di Gedung A yang terdampak, sedangkan 15 ruangan lainnya di gedung A serta ruangan pamer gedung B dan C sama sekali tidak terdampak. Api tidak menyebar," kata Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra melalui pernyataan pada Minggu (17/9).

Pihak Museum Nasional Indonesia mengatakan area yang terdampak kebakaran terdiri dari bagian belakang Gedung A, meski tidak menyebar luas. Karena itu, ruangan-ruangan lain di Gedung A, Gedung B, dan Gedung C, beserta isinya dipastikan aman.

Lebih lanjut, Mahendra memastikan koleksi hasil repatriasi dari Belanda juga dipastikan tidak terkena dampak kebakaran karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran.

Akibat dari insiden kebakaran ini, Museum Nasional Indonesia juga mengumumkan bakal tutup sementara sampai informasi lebih lanjut. Pengurus museum menuturkan bagi warga yang sudah memesan tiket berkunjung agar menunggu informasi lebih lanjut.