Warga Takisung Akhirnya Mendapat Bantuan Air Bersih

Warga Takisung Akhirnya Mendapat Bantuan Air Bersih

Banjarmasin, Sun FM Radio – Warga RT 15 Desa Kuala Tambangan, Kecamatan Takisung akhirnya mendapatkan bantuan air bersih pada Senin (25/9). Pasalnya, sejak April lalu, warga setempat harus membeli air bersi untuk keperluan makan dan minum.

 

“Membeli air ini (air bersih) sudah sejak puasa kemarin, harganya Rp2.500 per jerigen dengan isi 35 liter,” ungkap warga setempat bernama Diana.

 

Hal itu menurutnya harus ia lakukan, lantaran sumber air mereka tercampur air asin dan diperparah dengan panas ekstrim yang terjadi beberapa bulan terakhir membuat ketersediaan air menjadi sangat terbatas. “Untuk makan minum sehari biasanya menghabiskan dua jerigen air, jadi mengeluarkan uang Rp5 ribu untuk keperluan air bersih,” bebernya. 

Kepala Desa Telaga Langsat Rudi Cahyo Purnomo mengaku senang karena warga desanya juga mendapat bantuan air bersih dari program Pj Bupati Tala H Syamsir Rahman. “Kami sangat senang atas gerakan pak Pj Bupati yang turun kelapangan membagikan air bersih ke desa-desa,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Tala Syamsir Rahman yang ikut hadir di lokasi membagikan air bersih meminta kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir terkait persoalan air bersih yang terjadi di Bumi Tuntung Pandang. Karena pihaknya saat ini telah melakukan pendistribusian air bersih ke desa-desa yang kekurangan air bersih. “Nanti kita distribusikan air bersih ke desa-desa yang memerlukan secara bergantian,” ucapnya.

Lebih lanjut Syamsir mengatakan bahwa pihaknya telah melepas 40 mobil angkutan air bersih untuk membagikan air ke desa-desa, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang kekurangan air bersih. “Nanti per tiga hari sekali akan kita bagikan kembali dan program ini akan terus dilanjutkan,” tandasnya.