apaksi sediakan 5000 beasiswa

APAKSI Sediakan 5000 Beasiswa Pendidikan ke PTN

Banjarmasin, Sun FM Radio – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indah (APAKSI) terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan pendidikan di daerah serta mengurangi kesenjangan pendidikan antardaerah.

Untuk mewujudkan hal itu, APKASI meluncurkan program Beasiswa Indonesia Emas-Daerah dan menyediakan 5.000 kuota bagi putra-putri daerah berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN).

BACA JUGA: 7 Formasi PPPK di Kabupaten Banjar Sepi Peminat

Hal ini disampaikan Wakil Ketua APKASI, Dadang Supriatna pada Rapat Koordinasi Koordinator Wilayah APKASI di Jakarta, Selasa (17/10). Rapat ini diikuti para koordinator wilayah anggota APKASI bersama mitra Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara dan 21 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia

Dadang mengatakan, program ini merupakan bentuk dukungan dan tanggung jawab pemerintah dalam memfasilitasi pengembangan keterampilan dan akademik putra-putri daerah.

Kemudian, program ini hadir sebagai respons APKASI untuk menghadapi era globalisasi yang menuntut generasi muda menguasai keterampilan teknologi.

"Dengan kuota sebanyak 5.000 beasiswa, putra-putri terbaik daerah tentunya akan secara maksimal diserap melalui program tersebut sebagai upaya mempersiapkan Indonesia Emas 2045," kata Dadang dalam keterangannya dikutip Rabu (18/10).

Menurut Dadang, program ini terbuka bagi siswa SMA/MA sederajat yang berprestasi akademik dan non-akademik, serta berasal dari keluarga kurang mampu.

Selain itu, ia pun kembali mengusulkan agar pengelolaan SMA dikembalikan kembali kepada pemerintah kabupaten/kota sehingga dapat mengurangi kendala pemerintah daerah dalam menaikkan kualitas pendidikan masyarakat di daerahnya.