hoaks soal kesehatan

Akhir Maret 2023, Hoaks Soal Kesehatan Paling Dominan

Banjarmasin, SUN FM Radio – Justru dijaman saat ini hoaks semakin banyak, Sun People. 

Baru-baru dilaporkan melalui CNN Indonesia, dimana hoaks masih mendominasi terutama terkait kesehatan. Kenapa bisa begitu, ya Sun People? Padahal di jaman serba digital ini informasi yang benar seharusnya lebih bisa cepat kita peroleh, ‘kan. 

Hoaks atau berita palsu soal kesehatan mendominasi temuan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada periode Agustus 2018- 31 Maret 2023. Jumlah hoaks seputar itu mencapai 2.256.

Total, ada 11.357 hoaks yang ditemukan Kominfo. Hoaks seputar kesehatan mendominasi disusul pemerintah (2.075 hoaks) dan penipuan (1.823 hoaks).

Dikutip dari situs resmi Kominfo, pendataan isu hoaks dilakukan oleh Tim AIS Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo. Pendataan dilakukan menggunakan mesin AIS yang bekerja 24 jam.

Terlebih selama 2 tahun terakhir, dunia dilanda dengan pandemi dan banyaknya sumber informasi yang datang memberikan respon.

Dikutip dari halaman covid-19.go.id, hoaks seputar Covid-19 antara lain seputar pengaruh vaksin terhadap tubuh dan video prediksi tahun 1956 tentang kedatangan Covid-19. Selain itu, ada pula hoaks yang menyebut adanya biaya Rp100 ribu bagi masyarakat yang ingin melakukan vaksin kedua.

Selain hoaks kesehatan seputar Covid-19, berita hoaks kesehatan juga berkisar soal khasiat tanaman obat atau produk kesehatan.

(sumber: cnnindonesia.com)