Data Temukan bahwa Paus Biru Bisa Telan 43 Kg Plastik Sehari

Banjarmasin, SUN FM Radio – Merupakan temuan data yang cukup mengagetkan seluruh jagad raya sih ini sun people! Para peneliti yang baru saja mempelajari gerak dari hewan mamalia terbesar ini mengungkapkan data tersebut.

Spesies paus biru ternyata mengonsumsi hingga 10 juta potong mikroplastik seberat 43 kg setiap hari. Selanjutnya yang patut menjadi pertanyaan ialah, paus biru itu sengaja atau itu akibat banyaknya kandungan plastik di lautan nih?

Hal itu terungkap dari studi pemodelan yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications dari Sebuah tim peneliti yang dipimpin Amerika Serikat memperkirakan jumlah platsik yang tertelan oleh paus. Mereka meneliti 191 paus jenis biru, sirip, dan bungkuk yang hidup di lepas pantai California untuk mengamati pergerakan mereka.

Penelitian menunjukkan polusi yang ada di mana-mana menimbulkan bahaya yang lebih besar bagi hewan terbesar di dunia daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Dikutip dari ScienceAlert, potongan-potongan kecil plastik atau mikroplastik ditemukan di mana-mana, mulai dari lautan terdalam hingga gunung tertinggi, dan bahkan di dalam organ dan darah manusia.

Meskipun mudah membayangkan paus mengisap mikroplastik dalam jumlah besar saat mereka menelan air laut, para peneliti menemukan ternyata bukan itu penyebabnya.

Sebaliknya, 99 persen mikroplastik masuk ke dalam paus karena sudah terkandung di dalam mangsanya. Wah, kemungkinan mikroplastik juga ada di dalam tubuh kita ni, sun people!

(Sumber: cnnindonesia.com)