work from anywhere untuk asn

Menanti Implementasi "Work From Anywhere" ASN

Banjarmasin, SUN FM Radio – Kamu yang ASN tapi pengen kerja secara bebas, kayanya WFA bisa deh untuk kamu…

Pandemi Covid-19 para pelaku dalam organisasi pembelajar menunjukkan bahwa mereka berhasil menyelenggarakan layanan publik walaupun harus bekerja dari rumah. Dalam rilis Bank Dunia, skor efektivitas pemerintah Indonesia meningkat, dari 0,35 pada 2020 menjadi 0,38 pada 2021. Skor ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan layanan publik selama masa pandemi justru meningkat.

BACA JUGA: Mobil dan Motor Listrik Bikin Macet Jalanan?

Dikutip dari sumber, Kompas.com, terbitnya aturan ini juga mengakomodasi kultur dan kebutuhan generasi milenial nih, Sun People, yang mulai mendominasi postur dan sebaran ASN di Indonesia. Fleksibilitas juga dinilai mampu menjawab tantangan kampanye keseimbangan bekerja-berkehidupan. 

Lahirnya aturan tidak lantas serta merta membuat penerapannya menjadi mudah, terlebih akan lahir tuntutan baru, utamanya dari pengguna layanan publik.

Tentu masih banyak yang perlu dipertimbangin ya, Sun People. Setidaknya harus ada dua hal yang dicermati nih. Pertama, bagaimana kesiapan lembaga dan instansi pemerintah untuk menerapkan kontrol terhadap pelaksanaan fleksibilitas pola kerja dan kepastian pemenuhan janji layanan publik. 

Kedua, keberhasilan transformasi digital dan penerapan layanan tanpa tatap muka tidak akan dapat memuaskan para pengguna layanan yang masih ingin dilayani secara fisik.

(sumber: kompas.com)