obin josephine kumara

Obin, Desainer Fashion Indonesia Masuk dalam List 50 Over 50 Asia

Banjarmasin, Sun FM Radio – Josephine Kumara masuk dalam jajaran wanita 50 over 50 Asia. Josephine Kumara adalah seorang desainer fashion Indonesia yang sudah malang melintang di dunia fashion Indonesia. 

Bahkan namanya menjadi listee spotlight dalam daftar tersebut.

BACA JUGA: 3 Juta Jemaah Hadiri Haul ke-19 Guru Sekumpul

Daftar 50 perempuan ini dipilih karena telah mengerahkan pengaruhnya di bidang hiburan, fashion, farmasi, keuangan, dan melakukannya pada usia 54, 68, dan bahkan 112 tahun.

"Dikenal juga sebagai Obin, adalah seorang desainer Tionghoa-Indonesia yang mulai memadukan motif batik dengan sutera tenunan tangan," tulis Forbes.

"Beliau membuka showroom BINhouse pertama di Jakarta pada tahun 1986 dan kini memiliki gerai di Jepang, Bali, Singapura dan Belanda, serta reseller global lainnya."

Josephine Kumara atau yang lebih dikenal sebagai Obin, 'menolak' disebut sebagai desainer dan lebih nyaman disebut sebagai 'Tukang kain' lantaran kecintaannya pada kain-kain Indonesia terutama batik yang menjadi fokus utamanya.

Obin bahkan sering disebut sebagai "harta karun nasional" karena ketekunannya dalam mendalami dan mempromosikan batik.

Baginya, artis yang sebenarnya adalah mereka yang membuat kain. Dalam setiap koleksinya yang saban tahun sering muncul di berbagai show bergengsi di Jakarta juga kebanyakan mengunggulkan lembaran kain.

Selain Obin, nama Christine Hakim dan President Director-CEO XL Axiata Dian Siswarini juga masuk dalam daftar Forbes wanita 50 over 50 Asia.