jemaah haul guru sekumpul

3 Juta Jemaah Hadiri Haul ke-19 Guru Sekumpul

Banjarmasin, Sun FM Radio – Haul ke-19 Guru Sekumpul atau almarhum KH Muhammad Zaini Ghani di Sekumpul, Martapura, yang berlangsung pada Minggu (14/01) dihadiri lebih dari 3 juta jemaah. Jutaan jemaah tersebut berdatangan dari dalam dan luar negeri.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan berbagai pihak yang telah melancarkan penyelenggaraan acara tahunan tersebut.

BACA JUGA: Film Budi Pekerti Akan Tayang di Malaysia

"Alhamdulillah kemarin haulan kita sangat banyak didatangi orang. Ada 3 juta lebih jamaah selama kegiatan haul yang berdasarkan data dari Polda Kalsel. Jamaah datang dari seluruh Indonesia dan ini dari sisi pariwisata menunjukan Kalsel adalah tujuan wisata religi dan wisata budaya, bagaimana kita bisa menunjuknan keramahan dalam pelayanan," ujarnya, Rabu (17/1/2024).

Dampak dari adanya Haul ke-19 Guru Sekumpul tersebut ialah ke sisi ekonomi masyarakat sekitar.

Perekonomian juga bergerak karena banyak orang belanja baik kuliner, cenderamata dan lainnya dan tentunya perhotelan mengalami lonjakan tamu.

"Mulai dari kelas penginapan biasa hingga hotel berbintang semua full. Bahkan banyak masyarakat yang menyediakan kamar-kamar dan rumah secara gratis," ungkap Syarifuddin.

Hal ini harus kita jaga dan tingkatkan terus pelayanannya. Apalagi setelah haul masih banyak tamu-tamu atau jamaah dari luar daerah yang melanjutkan dengan ziarah ke obyek wisata religi lainnya atau wisata alam di Kalsel.