jam sekolah saat ramadan di kalsel sun fm

Waktu Pembelajaran Tingkat SMA dan SMK di Kalsel Dipangkas Selama Bulan Ramadan

Banjarmasin, Sun FM Radio – Sambut bulan Ramadan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalsel telah menyiapkan surat edaran perihal jadwal kegiatan belajar mengajar. 

Berdasarkan surat tersebut kegiatan pembelajaran jenjang SMA dan SMK saat bulan Ramadan dipastikan mengalami penyesuaian.

Sementara hari libur hanya akan diberikan pada awal puasa Ramadan.

BACA JUGA: Operasi Keselamatan Lalu Lintas 2024 Berlangsung Serentak di Seluruh Indonesia Hingga 17 Maret 2024

 Dalam rancangan yang sudah disusun, hari libur selama tiga hari pada 13-16 Maret. Kegiatan pembelajaran kembali dilaksanakan pada 18-23 Maret, berupa kegiatan Pesantren Ramadan.

Belajar mengajar kembali normal pada 25 Maret sampai 3 April. Namun, siswa diberi kelonggaran hanya lima jam pembelajaran dari pukul 08.00 hingga 12.00 Wita.

“Draf surat edaran sudah dibuat. Tinggal menunggu tanda tangan pimpinan,” beber Kepala Seksi Kurikulum Bidang SMA, Disdikbud Kalsel, Gusti Musriadi.

Dalam draf itu juga disusun hari libur Lebaran pada tanggal 4-15 April. “Siswa masuk sekolah lagi pada 16 April 2024,” terang Musriadi.

Pengurangan jam pembelajaran dan libur terbilang panjang ini tentu disambut girang siswa. Mereka mengaku senang dengan kabar ini.

“Bagus saja waktunya berkurang, biasanya ngantuk. Akhirnya pelajaran tak bisa terserap dengan serius,” tutur Isan, siswa SMAN 5 Banjarmasin.

Apalagi saat bulan Ramadan, banyak sekali godaan yang bisa membuat batal puasa. “Mending di rumah,” tukasnya.

Isan biasanya diajak orang tuanya mudik ke Sampit, Kalteng tiap tahun. “Alhamdulillah jika libur panjang, bisa mudik kembali tahun ini,” ujarnya.