mudik gratis 2024 kalsel

Dishub Kalsel Siapkan 57 Angkutan Untuk Mudik Gratis 2024

Banjarmasin, Sun FM Radio – Dinas Perhubungan (Dishub) Kalimantan Selatan akan menyiapkan 57 unit kendaraan untuk program mudik gratis 2024. 

 Dari 57 kendaraan tersebut diperkirakan mampu menampung 1.000 warga yang ingin pulang ke kampung halaman saat momentum Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah pada 6-7 April 2024. Jumlah ini lebih banyak dari tahun lalu yang hanya mampu 600 pemudik.

“Melihat total bus sebanyak 57 unit, dapat dipastikan kuota 1.000 pemudik dapat terlayani dengan maksimal,” kata Kepala Dishub Kalsel, M Fitri Hernadi, Rabu (27/3/2024).

BACA JUGA: Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, KKP II Banjarmasin Siapkan Tenaga Medis di Posko Kesehatan

Fitri menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) yang akan menyiapkan dua unit bus. Kemudian 55 unit bus dari SKPD Pemprov Kalsel.

“Sesuai instruksi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, pada 2023 lalu, meminta agar memaksimalkan kolaborasi pelaksanaan angkutan mudik gratis,” ujarnya.

Lebih lanjutnya, Fitri mengatakan, pendaftaran mudik gratis akan diinformasikan di media sosial resmi Setdaprov Kalsel dan Dinas Perhubungan Kalsel.

“Segera dalam waktu dekat kita akan melaksanakan ramp check angkutan dan membagikan link pendaftaran untuk mudik gratis bersama paman birin tahun 2024,” ujar Fitri.

Sementara itu, rute tujuan perjalanan mudik gratis Pemprov Kalsel masih sama seperti tahun lalu, yakni Rantau, Kandangan, Barabai, Paringin, Amuntai, Tanjung, Batulicin, dan Kotabaru.

“Tahun 2024 ini, untuk titik kumpul masih ditentukan dan dikoordinasikan. Tahun ini juga akan dilayani pemudik dari Banua Enam dan dari Kotabaru,” tambahnya.