posko kesehatan mudik kalsel

Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, KKP II Banjarmasin Siapkan Tenaga Medis di Posko Kesehatan

Banjarmasin, Sun FM Radio – Mendekati arus mudik lebaran 2024, sejumlah instansi yang berhubungan di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin saling bersiap untuk menghadapi lonjakan penumpang. Salah satu instansi tersebut adalah Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banjarmasin. 

Jelang arus mudik lebaran 2024, KKP Kelas II Banjarmasin menyediakan obat gratis bagi para calon penumpang kapal atau pelaku perjalanan yang membutuhkan.

BACA JUGA: Dishub Kalsel Siapkan 57 Angkutan Untuk Mudik Gratis 2024

“Ini menjadi atensi khusus kami. Karena saat ini sudah kondisi normal, jadi pada saat penumpukan penumpang itu jika ada yang merasa lelah, mual maupun tak enak badan, bisa langsung datang ke ruang kesehatan,” kata Kepala KKP Kelas II Banjarmasin Bambang Priyanto usai mengikuti apel pembukaan Posko Angkutan Laut Lebaran 2024, Senin (25/3/2024).

Adapun untuk tim yang disiapkan kata Bambang, pihak KKP Kelas II Banjarmasin juga menyiapkan tim khusus untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi calon penumpang kapal maupun petugas yang bekerja di areal pelabuhan.

“Kami menyiapkan satu dokter, dua orang perawat, satu tenaga surveilans dan satu tenaga sanitasi untuk membantu kelancaran arus mudik khususnya terkait kesehatan,” ujarnya.

Tak hanya itu, KKP Kelas II Banjarmasin juga menyiapkan ambulans yang siap mobile di kawasan Pelabuhan Trisakti jika dibutuhkan pertolongan darurat.

Ia mengharapkan arus mudik maupun arus balik lebaran 2024 ini dapat berjalan lancar tanpa adanya kendala-kendala yang signifikan.