buaya di pantai batakan baru

Buaya Muncul di Pantai Batakan Baru, Pemkab Lakukan Tindakan Antisipasi

Banjarmasin, Sun FM Radio – Baru-baru terdapat video amatir yang menunjukkan keberadaan buaya di dekat dermaga objek wisata Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan. 

Video tersebut kemudian menjadi viral di media sosial karena adanya buaya di dekat objek wisata dapat membahayakan keselamatan dan keamanan pengunjung. 

BACA JUGA: Arus Mudik di Pelabuhan Trisakti Mulai Padat Hingga Polda Kalsel Sediakan Angkutan Mudik Gratis

Meninjaklanjuti video viral tersebut, Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) melakukan antisipasi dengan memasang papan imbauan agar wisatawan tidak melakukan aktivitas di air, seperti berenang.

"Pantai Batakan Baru akan memasang imbauan agar wisatawan tidak berenang atau melakukan aktivitas di laut," kata Pj Bupati Tala, H Syamsir Rahman, pada Rabu (3/4) usai pelaksanaan apel gabungan ketupat.

Meskipun demikian, wisatawan hanya diperbolehkan beraktivitas di pesisir pantai. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan kecelakaan akibat kemunculan buaya di pantai tersebut.

Selain itu, pihak Pemkab Tanah Laut juga akan menurunkan personel gabungan untuk melakukan patroli dan memberikan peringatan kepada pengunjung.

Kepala Bidang Destinasi pada Dispar Tala, Khairil Fahmi, mengatakan bahwa meskipun buaya muncul di Pantai Batakan Baru, objek wisata tersebut tidak akan ditutup selama libur Hari Raya Idulfitri.

"Papan pengumuman sedang disiapkan dan akan segera dipasang di Pantai Batakan Baru. Kami juga akan melakukan himbauan melalui pengeras suara yang sudah terpasang di sana," ucapnya.