lomba bagarak sahur balangan

Disdikbud Balangan Adakan Lomba Bagarak Sahur Untuk Lestarikan Tradisi

Banjarmasin, Sun FM Radio – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balangan menggelar lomba Bagarak Sahur. Adapun untuk pesertanya ialah masyarakat setempat.

 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balangan H Abiji mengatakan peserta sebanyak 13 kelompok dimana satu kelompok terdiri dari delapan orang peserta, Senin (01/04/2024) malam di Taman Sanggam.

BACA JUGA: BPGM Ungkap Sampah Masih Menjadi Persoalan di Situs Geopark Maratus

Kegiatan ini menjadi agenda rutin dalam melestarikan tradisi bagarakan sahur yang dulu menjadi aktifitas masyarakat di bulan Ramadan menggunakan peralatan sederhana sebagai upaya  saling mengingatkan menjalankan ibadah sahur. 

"Tradisi ini perlu tetap dilestarikan, dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu UMKM dengan adanya perputaran ekonomi," ungkapnya. 

Dalam kesempatan ini juga disampaikan bahwa tahun ini Pemkab Balangan kembali mengirimkan 40 mahasiswa untuk mendapat beasiswa di Mesir, dan 80 beasiswa ke jawa. 

"Total saat ini ada 204 orang yang mendapat beasiswa untuk keagamaan, diharapkan dengan lulusnya penerima beasiswa ini akan menjadikan kabupaten Balangan lebih agamis," ujarnya. 

Kegiatan ditandai dengan penebuhan alat musik sederhasa seperti tong panci yang ditabuh.