Inovasi Spanyol Luncurkan Perang Melawan Sampah Lewat UU Daur Ulang Baru

Inovasi Spanyol Luncurkan Perang Melawan Sampah Lewat UU Daur Ulang Baru

Banjarmasin, SUN FM Radio – Boleh dicontoh nih sun people datang dari Spanyol, yang mana mereka membentuk UU ini sebagai bentuk komitmen untuk menanggapi krisis lingkungan karena masalah sampah.

Diloloskan pada April lalu, undang-undang baru yang mengatur pembuangan sampah di Spanyol akan berlaku penuh pada tahun 2023. Restoran sekarang diharuskan menyediakan air keran gratis kepada pelanggan untuk mengurangi limbah dari botol air plastik.

Spanyol adalah produsen botol sekali pakai terbesar kelima di Uni Eropa, demikian menurut riset Greenpeace. Dan sangat sedikit yang didaur ulang. Indeks Sampah Global 2022 menemukan bahwa Jerman menghasilkan lebih banyak sampah daripada Spanyol — 632 kilogram dibanding 455 kilogram per kapita — tetapi setengah dari sampah ini didaur ulang, sedangkan kuota Spanyol hanya berjumlah 86 kilogram per orang.

Pajak baru dikenakan pada wadah plastik sekali pakai dan satu lagi pada limbah yang dikirim ke tempat pembuangan sampah atau untuk dibakar. Tujuannya adalah untuk membantu Spanyol mengurangi jumlah sampah yang diha silkannya hingga 15% dari tingkat tahun 2010 pada tahun 2030.

(sumber: detik.com)