Dewan Kalsel Tolak Smart PJU, Kembali ke PJU Standar untuk Menyesuaikan Anggaran

Dewan Kalsel Tolak Smart PJU, Kembali ke PJU Standar untuk Menyesuaikan Anggaran

Banjarmasin, SUN FM Radio Banjarmasin – Pemprov memilih untuk tetap memanfaatkan PJU standar, nih sun people. Katanya agar dana yang sudah dialokasikan dapat memaksimalkan pemasangan PJU. Hal ini juga didukung oleh kondisi jalan umum di sebagian wilayah masih minim akan penerangan, terutama jalan provinsi.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2023 merencanakan memasang Penerangan Jalan Umum (PJU) di 413 titik di jalan provinsi.

Ternyata, titik PJU ini dua kali lipat lebih banyak dari rencana awal yang diusulkan Dinas Perhubungan Kalsel ke DPRD Kalsel. Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel, H Gusti Abidinsyah mengatakan, pemasangan PJU ini diambil dari APBD 2023 yang baru saja ditetapkan.

Sebelumnya Dinas Perhubungan hanya menganggarkan untuk 200 lebih titik PJU untuk jenis Smart PJU. Namun, ketika dihitung ulang dengan menggunakan PJU seperti yang sudah ada, Jumlah PJU bisa dipasang di 413 titik.

"Anggarannya itu sekitar Rp 10 miliar untuk PJU, dan sebelumnya dengan smart PJU untuk satu titik itu anggarannya Rp 43 juta, serta  fokus pada Jalan Trikora dan kawasan perkantoran Setdaprov Kalsel," urainya.

Pihaknya, meminta agar PJU nya yang seperti sebelumnya saja, tidak perlu yang smart PJU, terpenting agar lebih banyak jalan provinsi yang bisa mendapatkan PJU.

(sumber: tribunnews.com)